Saturday, January 30, 2016

Susunan Tata Surya

Sebelumnya di sekitar matahari terdapat 9 (sembilan) planet naun karena ukuran sangat kecil dan melanggar orbit, maka salah satu planet tereliminasi sehingga hanya menjad 8 (delapan) planet. Ke delapan planet tersebut yaitu merkurius, venus, bumi, mars, yupiter yang merupakan planet raksasa, saturnus, dan uranus serta planet neptunus. Berikut akan dipaparkan mengenai susunan tata surya.
1. Matahari  
Pusat tata surya kita adalah matahari. Ukurannya sangat besar berdiameter kurang lebih 1.392.500 km. Tersusun dari gas hidrogen sebanyak 70%, gas helium sebesar 25% dan 5% dari gas lainnya. Jarak antara matahari dan bumi kurang dari 150 juta km. Suhu luar matahari sekitar 60.000 celcius. Matahari terdiri dari beberapa bagian yaitu fotosfer, kromosfer, prominensa dan korona serta bintik matahari.
2. Planet
Gerakan planet mengelilingi matahari disebut dengan revolusi. Seperti yang telah diketahui bahwa terdapat delapan planet yang menglilingi matahari, sebagai berikut.
·         Merkurius, merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Di permukaanya terdapat kawah terbesar yang disebut dengan kolaris. Merkurius juga disebut dengan bintang pagi atau bintang malam dengan waktu edarnya 88 hari, jarak  dengan matahari sekitar 58 juta km. Planet ini tidak memiliki satelit alami dan merupakan planet terkecil dengan massa 0,055 dari massa bumi.

·         Venus, adalah planet ini hampir seukuran dengan bumi bermassa 0,815 dari massa bumi. Seperti halnya bumi, venus juga mempunyai selimut kulit silikat yang tebal dan berinti besi. Namun venus lebih kering dari pada bumi dan atmosfernya juga lebih padat dari pada bumi. Venus juga tidak mempunyai satelit. Dengan suhu permukaan mencapai 400 C Venus disebut sebagai planet terpanas, yang disebabkan dari jumlah gas rumah kaca yang terkandung dalam atmosfer.









No comments:

Post a Comment