Wednesday, June 29, 2016

Apa Saja Manfaat Dan Fungsi Protein Bagi Tubuh?

Sebelum membahas lebih jauh apa manfaat dan fungsi protein bagi tubuh, ketahui dulu apa itu protein. Apasih sebenarnya yang di maksud dengan protein? Protein adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, apalagi untuk ketahanan tubuh. Ada juga yang beranggapan bahwa protein merupakan zat yang membantu meningkatkan metabolisme dan mendorong terbentuknya metabolisme. Jika tubuh manusia tidak ada proteinnya, akan membuat manusia kurang dalam kesehatannya. Apalagi protein juga mengandung oksigen maupun hydrogen yang sangat di butuhkan untuk ketahanan tubuh manusia.

Fungsi dari protein yaitu sebagai zat yang membangun zat-zat lain serta membantu daya tahan tubu dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan protein tubuh manusia lebih terjaga dan terhindar dari serangan penyakit. Selain itu fungsi lain dari protein menjaga keseimbangan metabolisme pada tubuh dan membantu tubuh dalam menyetarakan antara asam dengan cairan-cairan yang masuk ke dalam tubuh. Nah selain fungsi ada juga manfaat dari protein yang berguna bagi tubuh yaitu :

· Mencegah penyakit, protein yang ada karena zat-zat yang tersimpan di dalam tubuh akan menahan serangan beberapa penyakit. Terutama penyakit marasmus juga penyakit kwashiorkor.

· Mengendalikan pertumbuhan tubuh, manfaat dan fungsi protein pada tubuh sangat berpengaruh pada pertumbuhan terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, protein sangat dibutuhkan agar pertumbuhan pada anak-anak tidak terganggu. Biasanya anak-anak yang mengalami kendala dan pertumbuhannya yang terganggu di akibatkan karena kurangnya protein di dalam tubuhnya.

· Sebagai alat bantu memelihara sel-sel pada tubuh, dalam pemeliharaan dan menjaga kesehatan tubuh protein yang tinggi memang sangat di butuhkan untuk tubuh lebih terjaga. Apalagi untuk ibu-ibu yang sedang hamil, protein yang tinggi sangat penting untuk janin agar tumbuh sehat dan berisi.

· Menjaga kekebalan dan kesetaraan tubuh, zat yang terdapat dalam tubuh manusia sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh. Dengan adanya protein yang lebih dan tidak kurang di dalam tubuh akan menjaga dan meningkatkan kesetaraan serta kekebalan pada tubuh anda.

· Menghasilkan energi yang lebih, selain manfaatkan untuk menajga kekebalan tubuh. Perotein juga menghasilkan tenaga dan energi pada tubuh manusia.

· Menyehatkan jantung, protein sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan jantung anda. Semakin banyak protein dan zat yang ada di dalam tubuh maka semakin sehat pula jantung anda.

Uraian di atas, merupakan beberapa manfaat dan fungsi protein bagi tubuh. Nah sekarang lebih tahu kan betapa penting dan berhargnya protein yang harus di tingkatkan di dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment